Frame 1 (1)
PHP

Apa itu PHP?

       PHP (PHP:Hypertext Preprocessor) adalah sebuah bahasa pemrograman server side scripting yang bersifat open source. Sebagai sebuah scripting language, PHP menjalankan instruksi pemrograman saat proses runtime. Hasil dari instruksi tentu akan berbeda tergantung data yang diproses. 

      PHP merupakan bahasa pemrograman server-side, maka script dari PHP nantinya akan diproses di server. Jenis server yang sering digunakan bersama dengan PHP antara lain Apache, Nginx, dan LiteSpeed.

Mengapa Menggunakan PHP?

      Saat ini, tak kurang dari 78% website di seluruh dunia menggunakan bahasa pemrograman yang diciptakan Rasmus Lerdorf di tahun 1995 ini. Bahkan platform besar seperti Facebook juga menggunakannya.

      Lalu, apa yang membuat PHP begitu populer? Mengapa menggunakan PHP yang sudah berumur lebih dari dua dekade ini? Berikut beberapa alasannya:

  • 1. Cenderung mudah dipelajari, dibanding bebarapa bahasa pemrograman populer lain, PHP lebih mudah dipelajari.
  • 2. Materi belajar yang melimpah, umur PHP yang “cukup tua” menyebabkan banyak sekali dokumentasi, panduan, dan komunitas aktif bertebaran di jagat maya. Jadi, tak perlu takut jika Anda mengalami kesulitan.
  • 3. PHP bersifat opem source, siapapun bisa menggunakan PHP tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

      Dan masih banyak lagi.

Sumberhttps://www.niagahoster.co.id/blog/pengertian-php/

Contoh Kode PHP

WhatsApp Image 2023-09-21 at 10.28.02

     Gambar 1.1 Membuat Kode Singkat PHP

WhatsApp Image 2023-09-21 at 10.33.31

     Gambar 1.2 Output Kode PHP diatas

Untuk menjalankan kode PHP, setidaknya butuh 3 jenis program, yakni :

  • 1. Aplikasi Web Server
  • 2. Aplikasi Web PHP
  • 3. Aplikasi Web Browser

       Untuk aplikasi web server, terdapat beberapa pilihan. Saat ini web server yang sering digunakan adalah Apache, Nginx, dan LiteSpeed. Ketiganya merupakan aplikasi open source dan dapat digunakan dengan gratis.

       Aplikasi selanjutnya adalah PHP itu sendiri. PHP bekerja sebagai “penerjemah” di dalam web server.

       Akan tetapi, proses instalasi web server Apache dan PHP secara terpisah butuh waktu yang cukup lama dan juga perlu pengetahuan tentang konfigurasi Apache. Berita baiknya, terdapat banyak aplikasi yang membundel Apache+PHP. Salah satunya adalah  XAMPP.

       Aplikasi terakhir yang dibutuhkan adalah web browser. Conthnya adalah Google Chrome, Microsft Edge, Firefox dan masih banyak lagi.

       Untuk cara penginstalan XAMPP ada di link berikut :   https://www.duniailkom.com/cara-menginstall-php-dengan-xampp/

Sumberhttps://www.duniailkom.com/cara-menginstall-php-dengan-xampp/

Scroll to Top